Makanan Khas Betawi Yang Hampir Punah

Ibu kota Jakarta yang tercinta ini kalau diperhatikan dari tahun ke tahun semakin padat aja ya. Berbagai macam budaya ada di kota kecil ini semuanya membaur menjadi satu. Mulai dari bahasa daerah, adat istiadat bahkan sampai makanan pun sudah banyak penyesuaian. Hmm, jadi penasaran dengan makanan khas betawi.


Betawi adalah suku asli Jakarta, seiring perkembangan jaman penduduk asli betawi semakin terpinggirkan bahkan sudah banyak pencampuran dengan warga pendatang. Tapi saat ini bukan itu yang mau kami bahas, tapi mengenai makanan khas betawi yang konon katanya saat ini sudah hampir punah.
Makanan Khas Betawi Yang Hampir Punah.

Bagi warga jakarta yang lahir tahun 90an keatas mungkin tidak pernah mencicipi makanan khas betawi ini, atau malah bisa jadi baru pertama kali dengar, biar gak penasaran langsung saja simak daftar makanan khas betawi, dibawah ini:

#1. Sayur Babanci
Pasti banyak yang belum tahu mengenai makanan yang satu ini. Karena memang sudah jarang orang yang membuatnya. Sayur babanci atau lebih dikenal dengan ketupat babanci adalah jenis makanan yang lebih mirip dengan ketupat sayur. Mengenai nama dari babanci sendiri masih belum jelas dan banyak versi yang beredar mengenai kisah awalnya. Yang unik dari makanan ini adalah walaupun nama nya sayur, tapi ternyata tidak ada sayuran didalamnya.

#2. Bubur Ase
Ternyata betawi juga punya bubur tradisional loh, namanya bubur ase. Bubur yang satu ini mempunyai cita rasa yang khas dan lezat. Bubur nasi ini ini terdiri dari campuran tetelan, tahu, kentang dan disiram dengan kuah semur, hmm nikmat. Eiit tunggu dulu ternyata masih ada campurannya lagi yaitu asinan, bisa dibayangkan kan rasanya yang unik  dan nikmat.

#3. Sayur Besan
Sesuai dengan namanya, makanan khas betawi yang satu ini merupakan sebuah simbol adat istiadat dari pesta pernikahan masyarakat betawi. Sayur besan memang khusus disajikan pada saat menyambut besan dalam sebuah acara perkawinan, sayur ini memiliki cita rasa yang gurih dan nikmat.

#4. Gabus Pucung
Gabus pucung merupakan makanan khas betawi yang terbuat dari olahan ikan gabus yang disajikan dengankuah pucung. Nah, saat ini memang menu gabus pucung sudah sangat langka, dan hanya ada di beberapa restoran atau rumah makan betawi saja. Pucung sendiri adalah nama bumbu masakan kalau di jawa dikenalnya dengan sebutan kluwek.Konon menurut beberapa sumber asal muasal rawon ya dari gabus pucung ini.

#5. Asinan Betawi
Asinan sendiri banyak jenisnya dan asinan disetiap daerah memiliki ciri khas masing-masing. Klo di Jakarta terkenal dengan asinan betawi nya, tapi sayang penjual asinan betawi sudah sangat jarang dan hanya ada beberapa penjual saja di Jakarta yang masih setia menjual asinan ini. Asinan betawi terdiri daricampuranberbagai sayuran mentah, sawi asin, potongan tahu mentah, dan kerupuk kuning yang disiram dengan bumbu kacang rasanya itu bikin nagih terus.

#6. Kue Sengkulun

Bukan Cuma masakan, betawi juga punya kue khas yang lezat, salah satunya kue sengkulun. Sekarang kue ini susah ditemui dan bisa jadi akan punah selamanya jika tidak ada yang melestarikan. Kue sengkulun terbuat daritepung ketan dan campuran gula merah dengan tekstur yang kemyal dan lembut, biasanya kue ini disajikan dengan parutan kelapa. Kalo yang sudah pernah nyoba pasti kangen dengan kue ini.

0 Response to Makanan Khas Betawi Yang Hampir Punah

Post a Comment