Bertransaksi Aman dengan BNI Debit Online



BNI Debit Online adalah salah satu produk yang ditawarkan Bank Negara Indonesia (BNI) guna memberi kemudahan bagi para nasabahnya. Khususnya kemudahan untuk berbelanja online secara lebih aman. Produk ini sendiri merupakan suatu model alternatif atau inovasi pembayaran mudah, cepat, dan aman untuk melakukan transaksi belanja online yang sekarang ini memang sudah semakin menjamur.


Dengan BNI Debit Online nasabah bisa berbelanja di situs belanja apapun yang menyediakan transaksi pembayaran dengan MasterCard. Jadi tidak ada lagi cerita repot melakukan pembayaran untuk transaksi online shopping. Betapa tidak. Pembayaran bisa dilakukan kapan saja dan dari mana saja. Dalam hal ini pihak penjual dan pembeli sama-sama merasa nyaman dan aman. Karena pembayaran dilakukan dengan sistem sedemikian rupa dimana data pengguna BNI Debit Online amat dijaga kerahasiaannya.
Adapun untuk bisa menikmati kemudahan transaksi belanja online, nasabah bisa menggunakan VCN atau Virtual Card Number. VCN tersebut bisa berlaku sebagai pengganti dari nomor asli BNI Kartu Debit berlogo MasterCard yang dimiliki. Hal ini berarti pihak toko online bahkan tidak mengetahui nomer asli dari kartu debit yang dimiliki nasabah guna menghindari ulah oknum tidak bertanggung jawab. Untuk sumber dananya jelas berasal dari giro atau rekening tabungan perorangan. Namun, perlu diketahui bahwa VCN dari hasil request ini memiliki masa berlaku yakni 7 hari saja dan hanya bisa digunakan 1 kali transaksi per requestnya.
Mungkin terdengar sedikit merepotkan, tetapi hal ini sebenarnya untuk keamanan nasabah itu sendiri. Dengan fitur dari VCN nasabah bisa melakukan transaksi online atau e-commerce secara aman tanpa perlu ketakutan dengan risiko kerugian yang disebabkan cyber fraud. Pasalnya nomor kartu asli akan tetap terjaga kerahasiaannya. Bahkan seperti yang sudah disebutkan sebelumnya pihak toko online tidak mengetahui nomer kartu asli. Nomor VCN hasil request itu pun memudahkan nasabah mengatur budget atau finansial saat berbelanja karena bisa menentukan berapa batas maksimum yang bisa digunakan untuk setiap nomor VCN.
Dari pengalaman sekilas VCN BNI terlihat agak meragukan. Karenanya tidak sedikit nasabah yang khawatir apakah uang sisa belanja akan kembali ke rekening. Dalam hal ini sebenarnya nasabah tidak perlu cemas karena saldo rekening hanya akan terpotong sebatas apa yang digunakan. Hal ini berarti bila VCN dengan jumlah dana lebih tinggi dibanding billing yang harus dibayar, maka secara otomatis sisanya akan masuk kembali ke saldo rekening nasabah.
Persyaratan Menikmati Kemudahan BNI Debit Online
Benar-benar tidak repot karena request VCN bisa dilakukan melalui sms dari sistem BNI ke nomer ponsel nasabah pemilik BNI kartu debit yang sudah melakukan registrasi dan aktivasi fitur BNI SMS Banking. Lebih jelasnya agar bisa menikmati kemudahan menggunakan produk BNI Debit Online tersebut ada persyaratan yang perlu dipenuhi, diantaranya yaitu:
  1. Nasabah memiliki rekening tabungan atau giro perorangan BNI dan juga memiliki BNI kartu debit yang berlogo MasterCard.
  2. Rekening tabungan atau giro BNI yang dimiliki berjenis BNI Taplus, BNI Taplus Bisnis, BNI Taplus Muda, BNI Emerald Saving, dan BNI Giro Perorangan.
  3. Sudah melakukan registrasi dan aktivasi BNI SMS Banking baik untuk transaksi finansial ataupun non finansial.

Bagi para nasabah yang ingin bisa mencoba kemudahan BNI Debit Online perlu melakukan aktivasi BNI SMS Banking terlebih dulu. Bila sudah dilanjutkan dengan mengirim request VCN BNI Debit Online. Caranya dengan mengetik “Req VCN (Nominal)” melalui BNI SMS banking di nomor 3346. Setelah itu menunggu notifikasi PIN Challenge yang ditentukan secara acak. Notifikasi VCN, CVC2, dan Valid Thru akan dikirim melalui sms ke ponsel nasabah.

Tugas nasabah selanjutnya hanyalah melakukan input data berupa 16 digit nomor VCN, 3 digit CVC2, dan Valid Thru sesuai dengan notifikasi status request BNI Debit Online. Dari pengalaman, bila didapati adanya kolom nama atau data diri yang lain maka para nasabah hanya perlu mengisi data secara benar. Bila sudah selesai input data bisa langsung klik menu Pay Now guna memverifikasi transaksi. Sangat mudah bukan.

Bertransaksi dengan BNI Debit Online dijamin akan membuat ketagihan. Hal ini karena adanya banyak keuntungan yang bakal diperoleh nasabah. Beberapa keuntungan tersebut diantaranya yaitu:
  • Bisa digunakan untuk belanja pada semua situs belanja online yang menerima transaksi pembayaran dengan MasterCard. Hal ini berarti bila pihak toko online tidak membuka layanan pembayaran melalui MasterCard, maka pihak nasabah tidak bisa menggunakan produk BNI Debit Online.
  • Nasabah mendapat keleluasan menentukan limit belanja. Limit belanja yang ditentukan tidak harus dihabiskan. Meski ada sisa tidak lantas hangus. Adapun sisa pembayaran billing secara otomatis akan kembali pada saldo rekening.
  • Transaksi lebih aman karena nasabah tidak harus input data asli BNI Kartu Debit yang dimiliki.
Sekiranya tidak ada ungkapan lain yang dapat menggambarkan pengalaman bertransaksi dengan BNI Debit Online selain kemudahan yang memanjakan. Untuk itu, segera nikmati kemudahan belanja online secara aman hanya dengan BNI Debit Online. Ingat syarat dan ketentuan berlaku. Sebagai contoh saat nasabah gagal melakukan request VCN. Alasan gagal tersebut bisa jadi karena kesalahan ketik. Misalnya perintah syntax sms yang dikirim belum sesuai dengan ketentuan yang diminta. Kegagalan tersebut bisa pula terjadi bila nasabah belum melakukan registrasi fitur BNI sms banking dan aktivasi sms banking untuk melakukan transaksi. Oleh karena itu, nasabah mesti mengetahui perintah syntax sms yang benar dan memenuhi persyaratan yang diberikan.
Sejumlah persyaratan agar bisa menggunakan layanan BNI Debit Online termasuk persyaratan mudah. Persyaratan tersebut pun dibuat guna memberikan jaminan keamanan bagi para nasabah. Apalagi biaya tambahan yang dikenakan hanyalah biaya provider Telekomunikasi yang mana mencakup pengiriman dan penerimaan sms request VCN.
Bila nasabah sudah selesai memilih produk dari toko online, nasabah bisa melakukan proses pembayaran. Untuk metode pembayaran pilih yang berlogo MasterCard pada kolom pembayaran kartu kredit. Berikutnya pembayaran dapat dilanjutkan dengan memasukkan 16 digit nomor kartu VCN, bulan/tahun, dan 3 digit CVC2 yang sudah berhasil didapat dari request VCN. Saldo secara otomatis akan dipotong sebagai tanda transaksi berhasil. Sebaliknya bila transaksi gagal tidak akan terjadi pemotongan saldo.
Keunggulan dari produk BNI Debit Online dibanding yang lain yaitu nasabah dimungkinkan untuk memberikan VCN kepada orang lain. Jumlah saldo nantinya akan dipotong sebesar nilai belanja atau transaksi dari rekening pemilik yang meminta VCN tersebut. Bila nasabah masih memiliki sejumlah pertanyaan terhadap produk BNI Debit Online bisa langsung menghubungi BNI Call.

0 Response to Bertransaksi Aman dengan BNI Debit Online

Post a Comment