Apa Itu Demokrasi?



Sering sekali kita mendengar kata Demokrasi, bahkan negara kita tercinta ini juga menganut paham Demokrasi. Sebagian orang mengartikan Demokrasi adalah sebuah kebebasan, bebas mau apa saja baik itu demo, mogok, mengkritik orang dengan bebasnya dll. Sebenarnya apa sih pengertian Demokrasi itu? Berikut penjelasannya.



Menurut wikipedia, Demokrasi adalah  bentuk pemerintahan yang semua warga negaranya memiliki hak setara dalam pengambilan keputusan yang dapat mengubah hidup mereka. Demokrasi mengizinkan warga negara berpartisipasi—baik secara langsung atau melalui perwakilan—dalam perumusan, pengembangan, dan pembuatan hukum. Demokrasi mencakup kondisi sosial, ekonomi, dan budaya yang memungkinkan adanya praktik kebebasan politik secara bebas dan setara.
Kata Demokrasi sendiri berasaldari bahasa yunani yaitu Demos yang berarti rakyat dan Kratos yang berarti kekuatan/kekuasaan. Jadi intinya Demokrasi adalah kekuasaan di tangan rakyat.
Masih mengambil sumber dari wikipedia, berikut makna Demokrasi menurut para ahli.
  • Abraham Lincoln Demokrasi adalah sistem pemerintahan yang diselenggarakan dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat.
  • Charles Costello Demokrasi adalah sistem sosial dan politik pemerintahan diri dengan kekuasaan-kekuasaan pemerintah yang dibatasi hukum dan kebiasaan untuk melindungi hak-hak perorangan warga negara.
  • John L. Esposito Demokrasi pada dasarnya adalah kekuasaan dari dan untuk rakyat. Oleh karenanya, semuanya berhak untuk berpartisipasi, baik terlibat aktif maupun mengontrol kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah. Selain itu, tentu saja lembaga resmi pemerintah terdapat pemisahan yang jelas antara unsur eksekutif, legislatif, maupun yudikatif.
  • Hans Kelsen Demokrasi adalah pemerintahan oleh rakyat dan untuk rakyat. Yang melaksanakan kekuasaan Negara ialah wakil-wakil rakyat yang terpilih. Dimana rakyat telah yakin, bahwa segala kehendak dan kepentingannya akan diperhatikan di dalam melaksanakan kekuasaan Negara.
  • Sidney Hook Demokrasi adalah bentuk pemerintahan dimana keputusan-keputusan pemerintah yang penting secara langsung atau tidak didasarkan pada kesepakatan mayoritas yang diberikan secara bebas dari rakyat dewasa.
  • C.F. Strong Demokrasi adalah Suatu sistem pemerintahan di mana mayoritas anggota dewan dari masyarakat ikut serta dalam politik atas dasar sistem perwakilan yang menjamin pemerintah akhirnya mempertanggungjawabkan tindakan-tindakannya pada mayoritas tersebut.
  • Hannry B. Mayo Kebijaksanaan umum ditentukan atas dasar mayoritas oleh wakil-wakil yang diawasi secara efektif oleh rakyat dalam pemilihan-pemilihan yang didasarkan atas prinsip kesamaan politik dan diselenggarakan dalam suasana di mana terjadi kebebasan politik.
  • Merriem Demokrasi dapat didefinisikan sebagai pemerintahan oleh rakyat; khususnya, oleh mayoritas; pemerintahan di mana kekuasaan tertinggi tetap pada rakyat dan dilakukan oleh mereka baik langsung atau tidak langsung melalui sebuah sistem perwakilan yang biasanya dilakukan dengan cara mengadakan pemilu bebas yang diadakan secara periodik; rakyat umum khususnya untuk mengangkat sumber otoritas politik; tiadanya distingsi kelas atau privelese berdasarkan keturunan atau kesewenang-wenangan.
  • Samuel Huntington Demokrasi ada jika para pembuat keputusan kolektif yang paling kuat dalam sebuah sistem dipilih melalui suatu pemilihan umum yang adil, jujur dan berkala dan di dalam sistem itu para calon bebas bersaing untuk memperoleh suara dan hampir seluruh penduduk dewasa dapat memberikan suara.

Lalu apa keuntungan dari sistem Demokrasi ini?
  • Pemegang Kekuasaan/Pemimpin dipilih langsung oleh rakyat
  • Hilangnya sistem monopoli atau dinasti kepemimpinan
  • Kesetaraan hak setiap rakyat dalam dunia politik ( bisa dipilih dan memilih )
Ada keuntungan pasti ada kekurangan atau kelemahannya, berikut beberapa kelamahan dari sistem Demokrasi:
  • Kepemimpinan mudah digoyahkan oleh oknum tertentu dengan mengerahkan massa yang disebut rakyat
  • Yang menjadi pemimpin belum tentu orang yang mempunyai kompetensi karena semua berdasar pada jumlah pemilih
  • Pemimpin akan hilang fokus pada pekerjaan menjelang akhir periode karena sibuk untuk mencalonkan diri kembali
  • Marak politik uang untuk membeli suara rakyat

0 Response to Apa Itu Demokrasi?

Post a Comment