Memahami Data Center dan Perannya



Perkembangan data center Jakarta dewasa ini kian terlihat dari banyaknya perusahaan yang menggunakan sistem tersebut. Data center atau pusat data merupakan infrastruktur yang dimanfaatkan sebagai pengelolaan sistem teknologi informasi dalam susunan perangkat hardware dan software di sebuah perusahaan.

Dalam pusat data ini tersimpan hingga ribuan server yang dikelola berdasarkan kategori bentuk dan kegunaannya. Masing-masing disimpan dan disusun secara tepat dalam sistem perlindungan yang optimal. Penyimpanan dan perlindungan server itu dikelola dalam ruangan-ruangan terpisah yang masing-masing memiliki sistem pendingin, koneksi jaringan, keamanan, penggunaan dan penyimpanan daya, yang seluruhnya wajib dikelola secara hati-hati dan rapi.
Di Jakarta, penggunaan data center sudah disadari sebagai pondasi utama dari sistem yang digunakan oleh perusahaan-perusahaan dalam berbagai skala. Tak jarang untuk alokasi dana untuk penyediaan data center Jakarta sangat besar seiring infrastruktur dan kapasitas perusahaan bersangkutan dalam operasional bisnis dan jaringannya. Kebutuhan penggunaan data center memang sangat penting jika ingin memaksimalkan kinerja perusahaan sekaligus memperluas jaringan bisnis yang sedang dikelola. Pasalnya, penggunaan internet sebagai jaringan komunikasi dan informasi tak mungkin dibatasi karena alasan-alasan teknis yang sebetulnya bisa dioptimalkan.
Pembangunan data center pun tak bisa sembarangan karena harus dirancang secara rinci dengan sejumlah aspek penting sebagai bahan-bahan pertimbangan utama. Misalnya untuk pemilihan lokasi. Pembangunan data center wajib dilakukan di lokasi yang telah memenuhi standar infrastruktur, kawasan, atau dengan kata lain memenuhi konsep ramah lingkungan.
Data center juga diwajibkan memiliki sistem cadangan yang akan menjamin perlindungan sepenuhnya untuk pengelolaan dan penggunaan. Pengelolannya pun menerapkan sistem pengaturan udara yang ramah lingkungan serta dikelola secara ketat demi menghindari risiko kerugian.
Data center untuk perusahaan atau institusi menjadi sangat penting karena sangat bermanfaat untuk kelancaran operasional yang tersambung pada sistem teknologi informasi. Sementara itu, cara pengelolannya juga harus dijalankan oleh tenaga-tenaga profesional yang mematuhi rangkaian standar operasional untuk prosedur penggunaan, perawatan, rencana pemulihan, mitigasi bencana, dan pastinya ada jaminan untuk kelangsungan bisnis bagi perusahaan.
Data center ini bisa dibangun secara mandiri oleh perusahaan atau institusi. Pembangunan mandiri infrastruktur untuk datacenter sifatnya memang lebih bisa menekan anggaran asalkan benar-benar ditangani oleh tenaga profesional. Namun pilihan tersebut pun bisa jadi akan mengeluarkan dana yang lebih besar karena modalnya pun tak bisa dibandingkan secara rata dengan pilihan menggunakan layanan data center. Yang jadi pertimbangan adalah bagaimana mengantisipasi berbagai persoalan teknis jika terjadi masalah yang tak bisa ditangani oleh perusahaan itu. Sedangkan dengan menggunakan layanan data center, pihak perusahaan tinggal terima bersih hasil dari pembangunan dan pengelolannya. Oleh sebab itu, pertimbangan-pertimbangan penting wajib menguatkan gagasan untuk memilih di antara kedua hal tersebut.

0 Response to Memahami Data Center dan Perannya

Post a Comment