Penyebab dan Cara Mengatasi HP Android Yang Lemot


Ponsel sudah menjadi kebutuhan utama bagi banyak orang. Namun seiring dengan semakin banyaknya aplikasi yang ada di dalam ponsel maka kinerja ponsel pun akan menurun dan menjadi lemot. Berikut ini adalah beberapa penyebab dan cara mengatasi hp Android yang lemot.


Penyebab HP Android Lemot
Tidak Mengupgrade Sistem Operasi
Salah satu penyebab utama dari lemotnya sebuah smartphone adalah sistem operasinya yang sudah usang. Banyak orang yang tidak menyadari hal ini karena biasanya banyak dari para pengguna yang mengabaikan pemberitahuan dari pihak developer untuk mengupgrade sistem operasi mereka. Banyak orang yang tidak mengupgrade sistem operasi mereka karena alasan keterbatasan kuota internet dan juga ponsel yang tidak secara otomatis mengunduh sistem operasi terbaru.
Kapasitas RAM Penuh
Salah satu penyebab ponsel Android menjadi lemot adalah penuhnya kapasitas RAM dari ponsel tersebut. Hal ini menjadi perhatian dari pihak developer ponsel Android dan pada akhirnya mulai bermunculan ponsel Android dengan RAM berukuran besar di atas 2 GB. Untuk menjalankan sistem operasi Android sendiri memerlukan RAM sekitar 50% dari kapasitas RAM, sisanya akan digunakan untuk membuka aplikasi.
Kualitas Memori Eksternal
Banyak pengguna Android yang mengira bahwa dengan memindah data dari memori internal ke memori eksternal maka kinerja ponsel akan menjadi lebih optimal. Hal ini sebenarnya sebuah pernyataan yang memang benar adanya, namun para pengguna wajib untuk memperhatikan kelas dari microSD yang dipakai. Untuk mendapatkan performa yang maksimal maka pengguna wajib menggunakan microSD dengan kelas 10.
Cara Mengatasi HP Android Lemot
Pilih Aplikasi yang Penting Saja
Salah satu keunggulan dari Android adalah banyaknya aplikasi gratis yang dapat diunduh dan diinstal di ponsel tersebut melalui Google Play Store. Hal ini kadang membuat banyak pengguna yang keasyikan hingga seenaknya menginstal aplikasi dalam jumlah banyak. Hal ini adalah salah satu penyebab dari lemotnya ponsel Android. Cara mengatasinya adalah dengan memilih aplikasi yang penting saja lalu jika ada aplikasi yang kurang berguna silakan hapus dari sistem agar kinerja ponsel lebih optimal.
Kurangi Widget
Widget sebenarnya cukup membantu jika dapat digunakan secara optimal. Namun widget juga lah yang membuat ponsel Android menjadi lemot dan lambat. Salah satu cara untuk mengatasi keluhan ini adalah dengan menggunakan widget sewajarnya dan hapus semua widget yang dirasa tidak terlalu perlu. Dengan begini kinerja ponsel akan menjadi lebih ringan dan optimal.
Gunakan microSD Berkecepatan Tinggi
Salah satu solusi untuk menghadapi ponsel Android yang lemot adalah dengan menambahkan microSD berkecepatan tinggi lalu pindahkan semua aplikasi dan data ke microSD agar memori internal mendapatkan ruang yang cukup luas. Pilihlah microSD dengan kelas 10 agar kinerja ponsel dapat lebih cepat dan optimal.

0 Response to Penyebab dan Cara Mengatasi HP Android Yang Lemot

Post a Comment